MAKASSAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar melakukan sosialisasi vokasi dan pemagangan di Kota Makassar, Kamis (16/11) di Lynt Hotel.

Aliyah Mustika Ilham mengatakan program ini merupakan langkah awal bagi pekerja baru agar bisa melakukan pekerjaan dengan baik serta mendapatkan perlindungan atau jaminan sosial.

“Kita gandeng ketenagakerjaan agar seluruh pekerja khususnya di Kota Makassar ini paham akan perlindungan yang diberikan pemerintah,” katanya.

Aliyah juga meminta agar pihak ketenagakerjaan memastikan setiap pemilik usaha mendaftarkan pekerjanya di BPJS Ketenagakerjaan.

“Selain perusahaan terdaftar sebagai badan usaha, tentunya pekerja telah dilindungi dengan BPJS Ketenagakerjaan juga,” pintanya.

Senada, Pembina Penyelenggara Pemagangan Luar Negeri, Kementerian Ketenagakerjaan RI Buchari mengatakan pihaknya akan selalu melakukan sosialisasi bagi pekerja yang ada di Indonesia.

Terlebih kata dia, pekerja Indonesia yang akan mencari pekerjaan di luar negeri akan dibekali dengan pelatihan khusus terlebih dahulu.

“Tidak serta merta kita memberangkatkan pekerja keluar negeri tanpa ada pelatihan dan pembekalan serta pemagangan terlebih dahulu. Agar tidak terjadi hal yang tidak kita ingin terjadi,” tuturnya.

Ia juga mengatakan pemagangan akan sangat berguna untuk pekerja yang akan bekerja baik di dalam maupun di luar negeri.

Ditambahkan Sub Koordinator Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri, Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar Riska Mahardika mengatakan hal itu sangat diperlukan.

“Pemagangan sangat diperlukan untuk bisa melihat kemampuan individu pekerja dan akan disesuaikan dengan keahliannya,” tuturnya.

Hal itu juga akan dilakukan terus menerus untuk lebih mempermantap posisi pekerja sesuai dengan keahliannya.**