Makassar, Rakyat News – Menyambut Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November 2017, Mahasiswa Sarjana (S1) dan Magister (S2) Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin menggelar acara Simulasi Edukasi Monopoli Tuberkulosis (TB) di pelataran FKM Unhas, jum’at (10/11/2017).

Menurut Dr. Suriah, S.KM, M.Kes ketua Derpartemen Promosi Kesehatan FKM Unhas mengatakan bahwa Hari Kesehatan Nasional pada tahun ini harus diisi dengan aktifitas yang sarat dengan muatan pencegahan.

“Pada peringatan HKN tahun ini, kami lebih mengarah pada promotif dab prefentif,” katanya.

Lebih lanjut dia menjalaskan bahwa pemberian informasi berkenaan dengan isu kesehatan perlu dikemas dalam bentuk permainan interaktif dan menarik sehingga dapat memudahkan penerimaan sasaran edukasi serta menstimulasi upaya untuk meningkatkan pemahaman yang tepat mengenai isu kesehatan tertentu seperti TB.

“isu kesehatan perlu dikemas dalam bentuk permainan interaktif dan menarik sehingga dapat memudahkan penerimaan sasaran edukasi serta,” jelasnya.

Kegiatan ini sangat berhubungan dengan program kesehatan TOSS-TB (Temukan Obati Sampai Sembuh Tuberkulosis), sehingga dapat menjadi langkah maju menuju Indonesia Bebas TB.

Sementara itu, Prof. Sukri Palutturi, Ph.D sebagai Wakil Dekan III bagian kemahasiswaan FKM Unhas secara terpisah, memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan mahasiswa yang sejalan dengan program pemerintah dalam mempromosikan dan mencegah penyakit.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Forum Mahasiswa Departemen Promosi Kesehatan dalam mengisi Hari Kesehatan Nasional, dan berharap agar kegiatan positif seperti ini dapat ditiru dan memberikan manfaat bagi masyarakat di luar kampus,” tutupnya. (*)