Halimah berharap kedepannya dapat memberikan kesadaran akademis tentang pentingnya aspek geologi dan biologis wilayah Wallacea. Selain itu, dosen Fakultas Kehutanan ini juga menegaskan pentingnya kolaborasi di bidang akademik.

“Peningkatan kolaborasi penelitian ilmiah nasional dan internasional dalam hal biologi konservasi, penemuan obat, dan topik lain yang menarik secara nasional dan internasional,” tambahnya.

Melalui simposium ini, Unhas juga berupaya mendorong partisipasi publik dalam konservasi dan pelestarian ekologi dan budaya.

“Fokusnya khusus pada kegiatan pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan tinggi untuk merangsang minat anak muda Indonesia dalam sains,” ujar Halima.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memacu aspek ekowisata nasional dan internasional dan memperbarui investigasi ilmiah menggunakan alat dan teknologi modern.

Sinergi antara PT Vale dan Unhas terwujud tidak hanya dari simposium ini saja. Secara formal, kedua instansi melanjutkan perjanjian kerja sama yang diteken pada 11 Januari 2023 silam. Selain itu, PT Vale juga akan mendukung pendirian program studi Metalurgi pada Fakultas Teknik Geologi di Unhas.**