MAKASSAR – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 9 Makassar, Jalan Karunrung Raya No.2, Kelurahan Karunrung, Kecamatan Rappocini, menyiapkan 10 kelas untuk Pendaftaran Penerimaan Didik Baru (PPDB).

Baca Juga : HIPMI PT Sulsel Sukses Gelar Pelantikan Masa Bakti 2023-2026

Ketua panitia PPDB, Andi Ruaedah, yang juga Wakil Kepala SMAN 9 mengungkapkan akan ada 10 kelas dengan masing-masing 36 siswa perkelasnya, sehingga total calon peserta didik baru di SMAN 9 sebanyak 360 siswa. 

“Ada sekitar 360 siswa yang akan di terima di SMAN 9 di buka rencananya 10 kelas perkelas berjumlah 36 orang,” ungkapnya, Senin (12/6/2023).

Tambah Andi, dalam PPDB kali ini ada tiga jalur penerimaan yaitu jalur boarding school, jalur afirmasi, jalur perpindahan, dan jalur prestasi non akademik yang masing-masing mendapat porsi :

1.afirmasi = 15%

2.perpindahan orang tua dan guru=5%

3.zonasi =50%

4.prestasi akademik=20%

5.prestasi non akademik=10% 

“Untuk persyaratan PPDB kali ini untuk jalur afirmasi antara lain harus penerima manfaat program keluarga harapan, berdomisili di dalam atau di luar zonasi sekolah SMAN 9, memilih tiga sekolah di dalam maupun di luar zona yang telah di tentukan,” tambahnya. 

Sedangkan, untuk jalur zonasi terdapat lima kecamatan yang masuk dalam kawasan SMAN 9, yaitu Rappocini, Manggala, Panakukkang, Tamalate, Somba Opu, persyaratannya antara lain calon siswa baru yang berdomisili di wilayah tersebut paling lambat satu tahun sebelum pelaksanaan PPDB ini. 

Sedangkan untuk jalur prestasi calon peserta didik memiliki nilai bagus, sedangkan jalur non akademik mengharuskan mereka memiliki sertifikat yang ditandatangani oleh Dinas Pendidikan. 

Sedangkan waktu pendaftaran untuk jalur afirmasi dan perpindahan orang tua/guru dimulai Senin (19/6/2023) sampai Rabu (21/6/2023) secara langsung.