Catatan di Pelantikan Pengurus Besar Himpunan Pelajar Mahasiswa Turatea (HPMT)

Oleh: Mustaufiq.S.IP.,SE.,M.Si.,MH.

(Mahasiswa Doktoral Program studi Hukum UIN Alauddin Makassar)

Organisasi adalah kumpulan orang yang saling bekerja sama dalam melakukan suatu kegiatan, guna meraih tujuan yang sama. Menurut Yuan Badrianto, dalam buku Perilaku Organisasi (2021) bahwa biasanya di dalam organisasi ada banyak kepentingan. Karena itulah dibutuhkan sejumlah komponen, tujuan, serta sasaran organisasi yang tepat dalam mengembangkan organisasi itu sendiri.

Bergabung dalam organisasi kemahasiswaan atau kepemudaan dapat meningkatkan keterampilan kepemimpinan serta kepekaan jiwa sosial. Olehnya, eksistensi pemuda dalam berorganisasi memiliki ruh yang suci dalam mengembangkan potensi diri sehingga mampu mengakselerasi seluruh potensi dan sumberdaya baik internal dan eksternal organisasi tersebut.

Hubungan timbal balik simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan akan terjalin jika ada nilai dan kesadaran kolektif tentang apa yang akan di tuju serta di raih bersama dalam sebuah organisasi dan itulah paradigma organisasi moderen.

Pemuda saat ini, adalah bongkahan emas di masa datang yang memiliki nilai invetasi yang besar jika mampu memposisikan diri sebagai agen perubahan dan pembangunan bangsa.

Mahasiswa saat ini, adalah deposito terbesar negara ini dalam melanjutkan pembangunan dan mengisi kemerdekaan. Sehingga dibutuhkan kolaborasi positif, sinergitas yang fungsional dengan seluruh elemen dan organisasi yang ada.

Himpunan Pelajar Mahasiswa Turatea (HPMT) Jeneponto sebagai sebuah organisasi adalah asset daerah yang memiliki nilai. Eksistensi pelajar dan mahasiswa yang tergabung didalamnya di harapkan mampu menjadi lokomotif perubahan pola pikir anak bangsa yang kritis konstruktif dan terhindar dari kepentingan golongan tertentu.

Sebagai kontrol sosial, HPMT harus mampu menjadi penyumbang saran dan masukan dalam kemajuan daerah dengan menawarkan solusi yang konkrit dengan berjuta konsep yang kekinian. Organisasi ini harus mampu Merajut kemandirian membangun kedewasaan untuk Jeneponto dan indonesia yang lebih baik.