RAKYAT.NEWS, EDUKASI – Dalam dunia pendidikan, kecerdasan digolongkan ke dalam beberapa kategori, salah satunya adalah kecerdasan kinestetik. Kecerdasan kinestetik didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk merespons secara motorik terhadap rangsangan fisik yang diterima. Para ahli telah mendefinisikan konsep kecerdasan kinestetik dengan sifat dan potensinya sesuai dengan bidang studi mereka.

Baca Juga : Tingkatkan Kecerdasan Emosional, TP PKK Kota Makassar Gelar Pengajian

Menurut sebuah kajian oleh Howard Gardner yang dikenal sebagai teori multi-intelejensi pada tahun 1983, kecerdasan kinestetik adalah kemampuan untuk menggunakan seluruh tubuh secara ekspresif dan kreatif dalam menyelesaikan masalah atau menghasilkan produk dalam dunia seni, olahraga, atau aktivitas fisik lainnya. Sifat dari kecerdasan kinestetik ditandai dengan hasrat untuk bergerak, pengenalan akan kelekatan fisik untuk lingkungan, ketajaman motorik, dan daya khayal yang kuat.

Sementara itu, menurut para ahli dalam bidang Neuropsikologi, kecerdasan kinestetik memainkan peran penting dalam meningkatkan kemampuan individu dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Orang yang lebih cenderung menggunakan kecerdasan kinestetik akan memiliki kemampuan untuk memahami dan membaca bahasa tubuh orang lain lebih baik, yang akan sangat berguna dalam banyak situasi interaksi sosial.

Dalam dunia olahraga, kecerdasan kinestetik berperan penting dalam mengkoordinasikan gerakan-gerakan tubuh, mengevaluasi tindakan yang tepat dan akurat, memperkirakan jarak dan arah dengan benar, serta membuat keputusan-keputusan dalam situasi yang cepat berubah. Sifat dari kecerdasan kinestetik dalam dunia olahraga ini adalah kemampuan untuk memahami dan merespons kekuatan, kecepatan, ketajaman, dan perasaan yang terjadi dalam tubuh.

Potensi dari kecerdasan kinestetik cukup besar dan dapat diasah melalui latihan. Orang dengan kecerdasan kinestetik yang baik dapat memanfaatkan bakat mereka dalam banyak bidang, termasuk dalam olahraga, seni, atau pekerjaan yang membutuhkan keterampilan yang melibatkan gerakan atau koordinasi motorik.