RAKYAT NEWS, Edukasi – Kemampuan berbicara bahasa Inggris saat ini semakin menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini banyak pekerjaan yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris dan juga situasi di dalam pergaulan yang membutuhkan kemampuan bahasa inggris. Tidak sedikit orang dewasa yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya agar lebih lancar dan percaya diri.

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, usia dewasa sebenarnya tidak menjadi batasan. Bahkan dewasa bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat dan lebih mudah dibanding remaja atau anak-anak, karena kemampuan belajar dewasa lebih matang dan tahu cara belajar dengan benar.

Berikut adalah cara jitu belajar bahasa Inggris bagi usia dewasa:

1. Terbiasa mendengarkan English conversation

Usahakan untuk sering mendengarkan percakapan bahasa Inggris dalam situasi yang berbeda. Hal ini akan mempermudah kamu memahami kosakata, grammar dan intonasi bahasa Inggris.

2. Perluas kosakata

Perluas kosakata bahasa Inggris dengan membaca buku, majalah atau artikel bahasa Inggris. Kamu bisa mencari hal yang kamu sukai seperti resep makanan, fashion, music dan lain-lain. Kamu juga bisa mencari kata-kata baru dan catat artinya, serta gunakan kata tersebut dalam percakapan sehari-hari.

3. Berlatih speaking atau speaking club

Latihan speaking bisa dilakukan dengan speaking partner atau gabung dengan speaking club online atau offline di lingkungan sekitar. Dengan berlatih speaking secara teratur, maka kamu akan terbiasa menggunakan kosakata dan tata bahasa yang benar.

4. Praktik listening and writing

Latihan listening bisa melalui film atau video dan latihan writing dengan menulis email atau chat dalam bahasa Inggris. Hal ini akan membantumu dalam memahami grammar, kosakata dan intonasi bahasa Inggris.

5. Ambil kursus bahasa Inggris

Untuk kamu yang ingin mempercepat proses dalam belajar bahasa Inggris, kamu bisa mengambil kursus bahasa Inggris. Di sana kamu akan mendapatkan pengajaran langsung dan fasilitas belajar yang lengkap.

6. Berfokus pada tujuan belajar bahasa inggris

Kamu harus mengetahui tujuan dan alasan kamu belajar bahasa Inggris. Hal ini akan membantumu memilih metode belajar dan lebih mudah mencapai tujuan yang diinginkan dalam waktu yang lebih cepat.