Jakarta, Rakyat News – Presiden Joko Widodo meminta semua lapisan masyarakat untuk menerapkan pola adaptasi baru di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Pasalnya, hingga kini vaksin virus tersebut belum ditemukan.

Hal itu dikatakan Jokowi saat mengunjungi Kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (10/6/2020).

“Situasi seperti ini akan kita hadapi terus sampai vaksin bisa ditemukan dan bisa kita pergunakan secara efektif karena kalau vaksinnya sudah ketemu harus uji klinis, uji lapangan kemudian juga harus diproduksi yang membutuhkan waktu oleh sebab itu kita harus beradaptasi dengan covid,” jelasnya.

“Adaptasi kebiasaan baru, dan beradaptasi itu bukan berarti kita menyerah apalagi kalah, ndak, tapi kita harus memulai kebiasaan baru sesuai protokol kesehatan sehinga masyarakat produktif tapi aman dari covid,” tambahnya.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI itu menegaskan pemberlakuan new normal di daerah harus melalui tahapan-tahapan yang ketat. Hal tersebut mutlak diperlukan agar masyarakat bisa tetap produktif namun aman dari Covid-19.

“Pembukaan sebuah daerah menuju sebuah tatanan baru masyarakat produktif dan aman covid perlu saya ingatkan harus melalui tahapan-tahapan yang ketat, tahapan yang hati-hati, jangan sampai ada kesalahan kita memutuskan sehingga terjadi kenaikan kasus di sebuah daerah karena tahapan tidak kita kerjakan secara baik,” pungkasnya.

Sumber : Okezone

Editor : Mustakim