Rakyat News – Agar tetap sehat, gamer harus menjaga matanya lebih rutin dan teliti dibanding orang lain yang jarang menatap layar komputer. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa tip buat para gamer yang sering bermain gim di depan komputer.

1. Atur posisi monitor
Tempatkan posisi monitor lurus dengan pandanganmu saat duduk. Sesuaikan pula jarak pandangan antara mata dengan layar komputer.

2. Atur cahaya monitor
Sesuaikan intensitas cahaya di layar monitormu agar nyaman dipandang. Kemampuan mata orang berbeda-beda sehingga masing-masing gamer harus memperhatikan pengaturan monitor yang sesuai dengan dirinya.

3. 20 – 20 – 20
Berdasarkan tip yang dimuat di howtogeek.com, kamu bisa bisa melakukan metode 20, yaitu setiap 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik dengan memandang obyek berjarak sekitar 20 meter.

4. Atur pencahayaan di sekitar layar monitor
Seringkali kita bermain gim dengan pencahayan sekitar yang minim, atau bahkan gelap sama sekali. Hal itu justru akan membuat mata cepat lelah karena terlalu terfokus di komputer. Solusinya, nyalakan lampu di sekitar layar komputer dengan intesitas sedang.

5. Jangan lupa berkedip
Sering kali karena terlalu fokus bermain gim, mata dipaksa melotot dalam durasi yang lama. Biasakan untuk berkedip. Selain itu menghilangkan kotoran di sekitar kornea mata, berkedip juga berfungsi untuk menjaga mata tetap basah sehingga tidak iritasi.

6. Istirahat tetap penting
Istirahat yang terbaik adalah tidur. Tidur berguna untuk memberi waktu bagi organ mata untuk meregenerasi sel-sel di dalamnya.

7. Latihan untuk mata
Saat senggang, lakukan latihan untuk mata dengan cara memandang obyek yang dekat (sekitar 10cm) dalam beberapa detik dan kemudian mengalihkan pandangan ke obyek yang jauh. Latihan ini berfungsi untuk melatih kontraksi lensa mata.