Rakyat News – Berendam dalam air hangat di ujung hari yang melelahkan memang menjadi bentuk relaksasi terbaik yang bisa kita dapatkan. Berendam air hangat memang bisa membuat tubuh dan pikiran kita menjadi lebih nyaman.

Tapi tahukah Anda bahwa manfaat berendam dalam air hangat tak terbatas hanya pada kenyamanan tubuh dan relaksasi pikiran saja? Sebuah penelitian telah membuktikan, bahwa berendam dalam air hangat nyatanya bisa mencegah 90 persen penyakit kardiovaskular.

Penyakit kardiovaskular umumnya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Biasanya penyakit ini muncul akibat kebiasaan merokok, konsumsi alkohol berlebih, kurangnya aktivitas fisik, pola makan yang buruk, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, stres, gangguan kecemasan, dan lain-lain.

Mencegah penyakit untuk hinggap di tubuh kita, tentunya selalu lebih baik dibandingkan mengobati penyakit yang sudah terlanjur datang. Salah satu cara untuk mencegah penyakit kardiovaskular adalah dengan menjalani gaya hidup yang sehat.

Selain itu, para peneliti di Jepang juga telah menemukan cara yang inovatif untuk mencegah penyumbatan arteri, yakni dengan berendam atau mandi dengan air hangat. Berendam dalam air hangat bisa membantu mengendurkan otot-otot, dan memberikan relaksasi yang dalam pada tubuh dan pikiran. Selain itu, berendam dalam air hangat juga akan memberikan manfaat lain, seperti:

Memperbaiki sirkulasi darah

Berendam dalam air panas sangat baik untuk pembuluh darah dalam tubuh Anda. Ini karena ketika Anda berendam, tekanan diberikan oleh air pada tubuh yang dapat meningkatkan kapasitas jantung dalam memompa darah. Ini berarti, jantung Anda berdetak lebih cepat dan lebih kuat ketika Anda tengah berendam dalam air panas. Ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh Anda.