RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, menyelenggarakan Museum Keliling di Benteng Rotterdam, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Agenda dengan tema “Pakamase” ini bakal berlangsung sejak 18-31 Oktober 2024.

Perayaan ini akan menghadirkan ragam kegiatan menarik, seperti pameran, wicara publik, lokakarya, susur kota, tur museum, pemutaran film, dan penampilan ragam seni budaya bersama sejumlah komunitas.

Kegiatan serupa, sebelumnya telah dilaksanakan di Bogor pada 14 September lalu. Untuk kali ini, Kota Makassar dipilih karena terkenal sebagai sentral Indonesia Timur. Kegiatan ini diharapkan mampu mengenalkan museum secara luas ke masyarakat secara optimal.

“Hal ini sejalan dengan semangat reimajinasi museum yang diusung oleh IHA (Indonesia Heritage Agency) dengan mendorong kolaborasi strategis antar museum dan juga cagar budaya untuk menghadirkan program yang menarik, interaktif, dan relevan dengan perkembangan zaman,” ujar Plt. Kepala IHA, Ahmad Mahendra dalam keterangan resmi.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini, dapat mengkolaborasikan bagaimana koleksi sejarah di museum dengan nilai historis dari cagar budaya dan mendorong adanya daya tarik bagi masyarakat untuk hadir dalam kegiatan ini,” tutupnya.