RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – SMA Negeri 1 (SMANSA) Makassar melakukan kunjungan ke Universitas Bosowa (Unibos) dalam acara Outing P5 yang mengangkat tema “Rekayasa dan Teknologi,” di mana mereka mendapat materi dan sosialisasi tentang beasiswa kuliah di Unibos, Selasa (8/10/2024).

Outing P5 ini adalah bagian dari kurikulum merdeka yang bertujuan untuk membentuk kreativitas dan inovasi siswa, hal ini terwujud melalui pemberian materi dari pakar yang diikuti dengan pembuatan karya.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Unibos, Prof Haeruddin Saleh, dan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Makassar, Andi Fasdillah Saparang, dengan dua dosen Unibos sebagai narasumber yaitu Ahmad Swandi dan Syamfitriani Asnur, serta diikuti oleh siswa Kelas XII Smansa Makassar yang didampingi oleh fasilitator program P5 dan guru-guru pendamping Smansa Makassar.

Prof Haeruddin Saleh berharap agar acara ini dapat menginspirasi siswa Smansa Makassar untuk terus berprestasi dan menciptakan berbagai produk inovatif.

“Kami beraharap melalui kegiatan ini adik-adik calon mahasiswa sekalian bisa termotivasi dalam meningkatkan prestasi dengan mengikuti berbagai kompetisi atau membuat produk berupa tulisan atau bentuk lainnya untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas,” ujarnya.

Selain itu, Ia juga menekankan pentingnya sikap tanggung jawab bagi mahasiswa dan hubungannya dengan program P5 yang tengah dijalankan untuk mendorong inovasi.

“Sebab menjadi seorang mahasiswa artinya kita tidak lagi seperti peserta didik SMA, kita harus secara bertanggung jawab secara mandiri mengatur diri sendiri. Dan dengan adanya program P5 ini bisa menjadi awal bagi ananda sekalian untuk mulai berinovasi dan membuat produk setelah mengikuti kegiatan hari ini,” tambahnya.

Di sisi lain, Andi Fasdillah Saparang juga menyampaikan harapannya terhadap pelaksanaan P5 di Unibos.

“Kami berharap mudah mudahan melalui diskusi hari ini pemateri yang luar biasa kita bisa membagikan pengetahuannya tentang cara memanfaatkan teknologi dengan baik hingga bisa menciptakan suatu produk dengan memanfaatkan rekayasa dari teknologi sesuai dengan tema P5 ini. Dan untuk siswa siswi yang hadir hari ini, kami tunggu inovasinya dan produk akhirnya,” pungkasnya.

Peserta kemudian mengikuti sesi sosialisasi pendaftaran di Unibos yang menjelaskan tentang berbagai beasiswa yang akan segera dibuka dalam beberapa jalur.

Peserta merespons positif sesi ini melalui interaksi dengan bertanya tentang informasi lebih detail serta program studi yang ditawarkan di Unibos.