RAKYAT.NEWS, BULUKUMBA – Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) bekerjasama dengan lembaga pendidikan dan sekolah untuk meningkatkan edukasi safety riding.

Instruktur Safety Riding dari Asmo Sulsel, Oging Adria Fitra, menyatakan bahwa peran dunia pendidikan sangat vital dalam penyebaran kesadaran keselamatan saat berkendara.

“Generasi muda, para pelajar ini merupakan bagian yang sangat penting untuk mengkampanyekan keselamatan berkendar di jalan ini. Oleh karena itu, kami memberikan edukasi ke sekolah,” ungkap Oging, Rabu (25/9/2024).

Belakangan ini, Asmo Sulsel juga memberikan pemahaman tentang keselamatan berkendara kepada siswa SMAN 9 Bulukumba dan SMK 1 Bulukumba.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada sekolah dan para siswa sekitar 167 orang yang mengikuti kegiatan ini,” kata Oging.

Oging berpendapat bahwa edukasi sejak usia dini dapat membantu siswa menjadi agen perubahan. Mereka pun bisa menyampaikan pengetahuan safety riding ini kepada generasi berikutnya.

“Tentunya dengan contoh yang baik dari mereka, bisa menjadi contoh ke adik-adik mereka,” ungkapnya.

Oging menekankan pentingnya memperhatikan berbagai aspek saat berkendara, mulai dari kondisi pengendara, kelengkapan berkendara, hingga kondisi motor yang harus selalu dalam keadaan baik.

“Melaju dengan sepeda motor mungkin terlihat mudah, namun, jangan lupa bahwa ada banyak faktor yang harus diperhatikan. Keselamatan berkendara adalah kunci untuk saling menjaga,” ungkap Oging.

Ia menegaskan bahwa dengan menjaga keselamatan diri sendiri, secara tidak langsung kita juga melindungi orang lain dari potensi kecelakaan. Upaya menjaga keselamatan berkendara ini membutuhkan kerjasama dari semua pihak terkait.

“Kami selalu membuka peluang untuk bersinergi, menggencarkan edukasi keselamatan berkendara. Baik dengan sekolah, instansi pemerintah, pihak perusahaan swasta, dan masyarakat umum, kami terbuka,” kata Oging.