RAKYAT.NEWS, BULUKUMBA – Mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, menggelar Festival Anak Saleh dengan menggandeng seluruh Tempat Pendidikan Alquran (TPA) di Desa Padang, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, sejak Sabtu-Minggu (31/8-1/9).

Festival yang diselenggarakan oleh mahasiswa dari UIN Makassar saat menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, menjadi upaya untuk meningkatkan kualitas diri dengan memberikan ruang bagi anak agar dapat berekspresi dan menanamkan kecintaan kepada Alquran yang sesuai dengan tema kegiatannya “Mewujudkan Generasi Berjiwa Qur’ani Dan Berakhlaqul Karima”.

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Desa Padang. Koordinator KKN Desa Padang, A.Aldi Afdali, mengajak seluruh elemen yang mengikuti rangkaian festival, agar menyambung tali silaturahmi. Supaya, kegiatan keagamaan ini terus berlanjut untuk terus meningkatkan spiritualitas dengan mencintai Alquran sejak dini.

Ada empat hal yang diperlombakan dalam festival ini, yaitu adzan, hafalan surat pendek disertai sambung ayat, pildacil, dan praktek salat. Sebanyak 86 santri dan santriwati turut meriahkan. Mereka mendapatkan sertifikat dan berkesempatan membawa pulang piala, juga hadiah menarik.

Kehadiran mahasiswa UIN Makassar, mendapat respons positif dari Kepala Desa Padang, Muhammad Akri.

“Hal ini tentu melalui kegiatan penguatan keagamaan yang bermanfaat untuk pengembangan sumber daya manusia sebagai pemeran utama dalam pembangunan,” ucapnya.

Dengan adanya kolaborasi, inovasi, dan menanamkan nilai-nilai positif, festival ini memberikan warisan untuk masa depan anak yang cerah dan berkembang dengan potensi yang dimilikinya.