RAKYAT NEWS, JAKARTA – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, menyatakan bahwa lingkungan kampus adalah tempat yang berubah-ubah dan penuh dengan tantangan yang harus dihadapi oleh para mahasiswa.

Ia menganggap masa kuliah sebagai waktu yang paling tepat bagi mahasiswa untuk mencari jati diri.

“Ini adalah masa terbaik untuk menggali potensi dan menemukan jati diri, serta saat yang tepat untuk mengambil langkah berani dan bereksplorasi,” kata Nadiem, dikutip dari Republika, Jumat (24/8/2024).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Nadiem dalam Universitas Pelita Harapan (UPH) Festival 2024. Dalam acara yang bertajuk “A Mind of Excellence” tersebut, Nadiem menyampaikan pesannya melalui siaran video.

UPH Festival 2024 yang berlangsung pada 15-17 Agustus 2024 tidak hanya sebagai acara orientasi bagi mahasiswa baru, tetapi juga menyuguhkan berbagai kegiatan menarik dan bermanfaat. Acara tersebut diselenggarakan di kampus UPH Lippo Village-Karawaci, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Pada hari pertama acara, 15 Agustus 2024, sebanyak lebih dari 5.000 mahasiswa baru resmi dilantik oleh Rektor UPH Jonathan L. Parapak dan Pendiri Yayasan Pendidikan Pelita Harapan, James Riady. Tidak hanya itu, juga terdapat kurang lebih 100 mahasiswa internasional yang hadir dari berbagai negara seperti Kamboja, Kanada, China, India, Kenya, Malaysia, Myanmar, Norwegia, Pakistan, Filipina, Korea Selatan, dan Sri Lanka.

Rektor UPH memberikan pesan kepada mahasiswa baru untuk menikmati perjalanan pendidikan di UPH yang akan membekali mereka sebagai agen perubahan. Seluruh mahasiswa baru diharapkan akan mendapatkan pengalaman pendidikan yang holistik dan mengubah kehidupan mereka.

Lebih lanjut James Riady juga memberikan pesan dan motivasi kepada seluruh mahasiswa baru. James mengingatkan, “Think big, think out of the box. Kalian pasti akan menghadapi kesulitan, tapi pada saat yang sama, kalian juga akan mendapatkan kesempatan,” kata dia.