RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku dealer utama sepeda motor Honda untuk daerah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, sedang memberikan pelatihan keselamatan berkendara kepada berbagai kalangan yang terdiri dari siswa, guru, dan staf administrasi SMK Telkom Makassar, Kamis (22/8/2024). Tujuannya adalah untuk menginspirasi masyarakat lain agar juga menerapkan safety riding saat berada di jalan.

Asmo Sulsel telah menghadirkan instruktur safety riding handal untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait #Cari_Aman saat berkendara sepeda motor di jalan raya. Para peserta diberikan materi pelatihan safety riding yang disajikan secara interaktif, mengasyikkan, dan sesuai dengan perkembangan terkini.

Manajer Pemasaran Astra Motor Sulselbar, Kresna Murti, menjelaskan bahwa selain mempelajari penggunaan perlengkapan berkendara yang tepat dan tata cara berkendara yang aman, peserta juga diberikan pemahaman mengenai berbagai jenis kecelakaan yang mungkin terjadi.

“Dengan pengetahuan yang baik, keterampilan safety riding para pelajar, guru, dan tenaga kependidikan SMK Telkom Makassar diharapkan akan lebih optimal. Hal ini tentu bertujuan untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya, mengingat para peserta ini memiliki mobilitas yang tinggi dengan sepeda motor untuk kegiatan sehari-hari,” ucap Kresna.

Kresna menambahkan bahwa para peserta juga mendapat pengetahuan tentang perilaku berkendara yang berpotensi membahayakan diri sendiri.

Kresna juga berharap bahwa siswa, guru, dan staf administrasi yang telah mengikuti pelatihan keselamatan berkendara dapat menyebarkannya ke lingkungan terdekat seperti keluarga.

Menurut Kresna, peran masyarakat dalam menerapkan keselamatan berkendara sangat penting untuk mewujudkan Safety Indonesia.

“Penerapan safety riding ini harus dilakukan secara menyeluruh. Karenanya, kami punya komitmen kuat dan intens memberikan edukasi safety riding. Besar harapan kami, masyarakat yang sudah mendapatkan materi soal safety riding dapat meneruskannya kepada orang-orang di sekitarnya,” ucapnya.