RAKYAT.NEWS, KOLAKA – Peran sektor swasta dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di sektor pendidikan di Indonesia sangat penting. Keterlibatan sektor swasta dianggap memiliki peran strategis dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Dengan berpartisipasi dalam sektor pendidikan sesuai dengan visi Indonesia Emas 2045, sektor swasta dapat berkontribusi besar dalam memperbaiki sistem pendidikan secara keseluruhan di Indonesia dan mendukung pencapaian tujuan pembangunan nasional.

PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) Indonesia Growth Project (IGP) Pomalaa terus mewujudkan kontribusinya dengan memberikan bantuan pendidikan melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Salah satunya adalah pemberian beasiswa senilai Rp490 juta kepada 70 mahasiswa prasejahtera Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka. Setiap mahasiswa akan mendapatkan Rp7 juta selama 2 semester.

Penyerahan beasiswa ini dilakukan secara simbolis oleh manajemen PT Vale IGP Pomalaa kepada Rektor USN Kolaka di Auditorium USN Kolaka pada Selasa (20/8/2024).

Head of Project Pomalaa, Mohammad Rifai, menjelaskan bahwa bantuan ini bertujuan untuk mendukung pendidikan dan meringankan beban keuangan mahasiswa, terutama mereka dari keluarga prasejahtera agar dapat meraih cita-cita mereka. Beasiswa pertama kali diberikan dengan prioritas pada mahasiswa dari area pemberdayaan.

“Kami melakukan seleksi ketat sebelum menentukan mahasiswa yang layak menerima beasiswa. Apalagi, kami sampaikan jika peningkatan standar kompetensi dan penyelesaian studi tepat waktu oleh penerima beasiswa perlu menjadi perhatian penting,”tuturnya.

Rifai menambahkan, bahwa PT Vale terus mendorong peningkatan kualitas SDM secara berkelanjutan sesuai dengan nilai-nilai perusahaan untuk mendukung dan meningkatkan generasi muda di daerah pemberdayaan. Mereka berkolaborasi demi masa depan yang lebih baik.

“Perseroan berharap mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dengan baik, sehingga mereka bisa menyelesaikan studinya sesuai yang ditargetkan dan bisa mewujudkan apa yang menjadi cita-cita mereka,” tuturnya.