RAKYAT.NEWS, LUTIM – Astra Motor Sulawesi Selatan memberikan edukasi safety riding kepada karyawan PT Mars Cocoa Research di Luwu Timur.

Pemberian edukasi itu sebagai bentuk komitmen Astra Motor Sulsel untuk tanamkan sikap disiplin lalu lintas terhadap karyawan yang mempunyai mobilitas tinggi setiap harinya.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Sulawesi Selatan, Wanny memberikan materi terkait #Cari_Aman di jalan raya secara komprehensif. Materi tersebut diberikan untuk memperkuat pengetahuan dan keterampilan ratusan karyawan PT Mars Cocoa Research dalam berkendara aman dengan sepeda motor di jalan raya.

“Edukasi safety riding menjadi hal yang sangat penting untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan di jalan raya, terutama kepada para karyawan yang memiliki mobilitas dan aktivitas yang cukup tinggi setiap harinya dengan sepeda motor,” ucap Wanny.

Menurut Wanny, dengan edukasi dan sosialisasi yang baik, tingkat pengetahuan dan keterampilan karyawan dalam berkendara secara aman akan menguat. Dengan begitu, mereka bakal mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

“Pesan tentang keselamatan berkendara dan Cari_Aman terus kami sampaikan kepada mereka. Tujuannya agar mereka selalu menerapkan safety riding sekaligus mewujudkan Safety Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, Wanny juga memberikan tips berkendara Cari_Aman. Pertama, menggunakan perlengkapan safety riding, mulai dari helm SNI, celana panjang, sampai sepatu. Kedua, membawa surat-surat kendaraan lengkap.

Kemudian, Wanny juga menekankan bahwa pengendara harus memprioritaskan pejalan kaki, terutama saat akan melintasi zebra cross harus mengurangi kecepatan. Hal ini juga merupakan prinsip dari safety riding.

Adapun standar safety riding keempat yakni mematuhi dan menaati peraturan lalu lintas. Menaati peraturan lalu lintas bukan untuk terhindar dari hukuman dan sanksi, tetapi melindungi diri sendiri dan pengendara lain di jalan raya.