RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Balai Bahasa Sulawesi Selatan melakukan peluncuran kamus Bahasa Daerah Digital, bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang berlangsung di Aula Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Makassar, Selasa (23/7/2024).

Kepala Balai Bahasa Sulsel, Ganjar Harimansyah, mengatakan bahwa seiring perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi akhirnya mendorong keingintahuan bahasa daerah yang lebih mudah.

Walaupun mengalami beberapa kali revisi, Balai Bahasa Sulsel terus melakukan upaya penguatan dengan terus memperbanyak kosakata dalam kamus.

“Kami akan semakin mengembangkan kamus digital ini dikarenakan kamus cetak masih sulit dibawa-bawa selain tebal saat ini masyarakat lebih suka digital,” ujarnya.

Bahasa daerah Makassar standar sudah masuk dalam kamus digital juga pengembangan bahasa daerah lainnya seperti bahasa Bugis dan bahasa Mandar.

“Masyarakat pengguna bahasa daerah akan bisa menyeimbangkan bahasa dalam kosakata yang baik. Menjadikan bahasa daerah juga akan mengembalikan budaya asli daerah,” katanya.

Sementara, Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Christopher Green mengatakan, keterlibatan pihaknya adalah membantu masyarakat Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan ini agar membudayakan bahasa ibu.

“Kami tertarik untuk ikut serta dalam pengembangan bahasa daerah yang merupakan bahasa asli,” katanya.