RAKYAT.NEWS, PALOPO – PT Astra Honda Motor (AHM) dan Astra Motor Sulawesi Selatan mengawali rangkaian Honda Dream Cup (HDC) 2024 di SMK Negeri 1 Palopo, Sulsel pada Jumat (19/7/2024).

Pembalap dari tim Honda 86, Ristan M. Badly Ayatullah menceritakan pengalaman karirnya di dunia balap.

“Pesan untuk siswa dan siswi SMKN 1 Palopo itu harus rajin belajar untuk bakat yang disukai. Jika ingin memulai hobi balap, balapan dan latihannya itu di sirkuit, dengan menggunakan pengaman, bukan di jalan raya agar tidak membahayakan orang lain,” ucap Badly.

HDC Tour kali ini menjadi ruang edukasi mengenai keselamatan berkendara dan kampanye #Cari_Aman saat berkendara yang disampaikan Instruktur Safety Riding Astra Motor Sulawesi Selatan, Wanny.

Menurut Wanny, tingkat pengetahuan dan keterampilan siswa SMA dalam berkendara secara aman akan menguat dengan edukasi dan sosialisasi safety riding yang baik dan intens.

“Edukasi safety riding menjadi hal krusial untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan di jalan, terutama kepada para siswa SMA. Dengan ilmu yang didapat, mereka dapat berkendara dengan aman dan nyaman,” ucap Wanny.

Selain itu, Wanny juga memberikan tips berkendara Cari_Aman. Pertama, menggunakan perlengkapan safety riding, mulai dari helm SNI, celana panjang, sampai sepatu. Kedua, membawa surat-surat kendaraan lengkap.

Kemudian, Wanny juga menekankan bahwa pengendara harus memprioritaskan pejalan kaki, terutama saat akan melintasi zebra cross harus mengurangi kecepatan. Hal ini juga merupakan prinsip dari safety riding.

Adapun standar safety riding keempat yakni mematuhi dan menaati peraturan lalu lintas. Menaati peraturan lalu lintas bukan untuk terhindar dari hukuman dan sanksi, tetapi melindungi diri sendiri dan pengendara lain di jalan raya.