RAKYAT.NEWS, EDUKASI – Semut Rangrang adalah jenis semut yang populer dan unik di Indonesia. Semut ini dikenal karena pola warna tubuhnya yang mencolok dan menarik. Nama “Rangrang” berasal dari kata dalam bahasa Jawa yang berarti “berbintik-bintik” atau “bermacam-macam”. Hal ini mengacu pada warna tubuh semut ini yang memiliki pola yang beragam.

Semut Rangrang memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 7 hingga 10 milimeter. Mereka memiliki tiga segmen pada tubuhnya, yaitu kepala, thorax, dan abdomen. Ciri khas utama semut ini adalah pola warna tubuhnya yang kontras. Tubuh mereka umumnya berwarna hitam dengan bintik-bintik putih, kuning, atau merah. Pola warna semut Rangrang dapat bervariasi antara satu individu dengan individu lainnya, membuat mereka terlihat sangat menarik dan unik.

Semut Rangrang hidup dalam koloni atau kelompok besar yang terdiri dari ribuan individu. Mereka hidup di tanah atau di tempat-tempat yang lembab, seperti hutan, taman, atau kebun. Semut ini biasanya aktif pada malam hari, mencari makanan dan membangun sarang. Mereka juga tergolong semut pekerja yang kuat dan gigih dalam mencari makanan dan melindungi koloni mereka dari bahaya.

Meskipun kecil, semut Rangrang memiliki peran yang penting dalam ekosistem. Mereka memainkan peran sebagai pemangsa serangga kecil, seperti kutu daun dan ngengat, yang dapat menjadi hama bagi tanaman. Selain itu, semut ini juga membantu dalam penyebaran benih tanaman. Ketika mencari makanan, mereka tanpa sengaja membawa dan menyebar benih tanaman di sekitarnya, membantu dalam proses regenerasi alam.

Selain manfaatnya dalam ekosistem, semut Rangrang juga digunakan manusia dalam berbagai hal. Beberapa orang memelihara semut Rangrang sebagai hewan peliharaan, terutama karena keunikan dan keindahan warna tubuhnya. Ada juga yang memanfaatkan semut ini sebagai obat tradisional. Dalam beberapa jenis ramuan tradisional, semut Rangrang digunakan sebagai salah satu bahan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti asma, rematik, dan gangguan pernapasan lainnya.