RAKYAT.NEWS, EDUKASI – Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya akan keindahan alam bawah lautnya. Salah satu keajaiban yang dapat ditemukan di perairan Indonesia adalah kadal laut. Kadal laut, atau lebih dikenal sebagai iguana laut, adalah kadal yang hidup di lingkungan laut.

Keberadaan kadal laut di perairan Indonesia memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta alam bawah laut. Dengan ukurannya yang besar dan karakteristik yang unik, kadal laut menjadi salah satu hewan yang menarik untuk ditemukan dan diamati.

Dalam bahasa Latin, kadal laut disebut dengan nama Amblyrhynchus cristatus. Kadal ini hanya dapat ditemukan di Kepulauan Galapagos di Ekuador dan juga di perairan Indonesia, khususnya di Taman Nasional Komodo. Kadal laut memiliki penampilan yang khas, dengan kepala yang lancip dan badan yang panjang. Warna tubuh kadal ini bervariasi antara abu-abu dan hijau dengan bintik-bintik hitam yang menyebar di seluruh tubuhnya.

Tentu saja, keajaiban kadal laut tidak hanya terletak pada penampilannya yang memukau. Mereka juga memiliki cara hidup yang menarik. Kadal laut adalah salah satu hewan yang hidup di dua lingkungan yang berbeda, yakni di darat dan di air. Mereka dapat berenang hingga jarak yang cukup jauh untuk mencari makanan. Meski begitu, kadal laut juga dapat hidup di darat dan menggunakan sinar matahari untuk mengatur suhu tubuhnya.

Selain itu, kadal laut juga dapat menyelam hingga kedalaman sekitar 30 meter untuk mencari makanan. Mereka memakan berbagai jenis alga laut, terutama jenis alga yang hanya tumbuh di perairan dalam. Dalam proses mencari makanannya, kadal laut juga ikut berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem di bawah laut. Mereka adalah hewan herbivora yang memainkan peran penting dalam mengontrol populasi alga di perairan Indonesia.