RAKYAT.NEWS, EDUKASI – Burung kutilang (Pycnonotus aurigaster) adalah salah satu burung khas Indonesia yang memiliki ciri khas menarik. Burung ini dikenal dengan keindahan bulu-bulunya yang warnanya yang kontras dan suara kicauannya yang merdu. Kutilang adalah salah satu jenis burung pengicau yang populer di Indonesia dan sering dijadikan burung peliharaan.

Burung kutilang memiliki ukuran tubuh kecil, dengan tubuh dan ekor yang proporsional. Rahangnya yang tajam memberikan penampilan yang elegan dan unik. Bulu-bulunya yang berwarna cerah dan mencolok menjadi ciri khas utama burung ini. Burung jantan memiliki bulu bulu di sekitar leher dan dadanya kekuningan atau keemasan, sementara burung betina memiliki bulu berwarna coklat keabu-abuan dengan bintik-bintik gelap.

Ciri khas paling menarik dari burung kutilang adalah suara kicauannya yang merdu dan nyaring. Suara kicauannya terkenal cantik dan sering digunakan sebagai pengisi suara latar di film dan acara televisi. Burung kutilang juga memiliki kemampuan meniru suara-suara lainnya, seperti suara burung lain dan bunyi lingkungan sekitar. Hal ini menjadikan burung ini sangat diminati oleh para penggemar burung pengicau.

Burung kutilang biasanya hidup di hutan-hutan tropis, hutan pegunungan dan daerah terbuka dengan vegetasi yang lebat. Makanan utamanya adalah buah-buahan, nektar bunga, dan serangga kecil. Mereka sering terlihat bergerombol dan beraktivitas di atas pohon-pohon yang penuh dengan buah.

Sayangnya, populasi burung kutilang mengalami penurunan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh perburuan liar dan deforestasi yang secara tidak langsung mengurangi habitat alami mereka. Perburuan liar ini terutama terkait dengan keanggunan suara kicauannya yang menjadi daya tarik bagi para pemburu burung.

Untuk melestarikan burung kutilang dan keanekaragaman hayati Indonesia, perlu adanya upaya konservasi yang lebih intensif. Peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga burung-burung ini juga menjadi hal yang krusial. Melalui penegakan hukum yang tegas terhadap perdagangan ilegal burung dan upaya pelestarian habitat alami mereka, harapannya populasi burung kutilang dapat kembali pulih dan tetap menjadi salah satu burung khas Indonesia yang menawan.