RAKYAT.NEWS, EDUKASI – Tanaman menjadi sumber kehidupan makhluk hidup di bumi. Tanaman memberikan oksigen, makanan, perlindungan, dan banyak manfaat lainnya bagi manusia dan hewan. Namun, untuk tumbuh dengan sehat dan subur, tanaman membutuhkan lapisan bumi yang subur dan kaya nutrisi.

Bagian atas tanah atau lapisan tanah atas merupakan bagian yang paling penting untuk pertumbuhan tanaman. Lapisan atas tanah terdiri dari bahan organik dan mineral. Bahan organik adalah sumber utama nutrisi bagi tanaman, termasuk karbon dan nitrogen. Mineral seperti fosfor dan kalium juga sangat penting dalam pembentukan pertumbuhan tanaman.

Lapisan tanah atas yang subur terbentuk dari hasil pemecahan batuan dan bahan organik yang terkumpul dalam waktu yang lama. Proses ini dapat memakan waktu ribuan atau bahkan jutaan tahun. Oleh karena itu, tanah yang subur sangat berharga dalam pertanian. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburan lapisan tanah, misalnya kondisi lingkungan, tingkat penggunaan, dan pola hidup manusia.

Lokasi lapisan tanah yang paling subur berbeda-beda di seluruh dunia. Namun, beberapa kawasan di dunia tersebut termasuk area dengan lapisan tanah yang paling subur antara lain:

1. Delta Sungai Mesir

Delta Sungai Mesir terbentuk dari endapan lumpur dan pasir yang dibawa oleh Sungai Nil dari dasar Sungai itu hingga ke muaranya. Tanah di daerah ini sangat subur dan kaya akan nutrisi. Delta ini terkenal sebagai salah satu daerah pertanian terpadat di dunia, di mana lebih dari 40 persen dari total tanah yang digunakan untuk pertanian.

2. Pampas Argentina

Pampas Argentina adalah padang rumput terluas di dunia. Tanah di daerah ini subur dan kaya akan nutrisi, sehingga sangat sesuai untuk pertanian. Daerah ini terkenal sebagai penghasil gandum dan ternak sapi yang berkualitas tinggi.

3. Valley of Mississippi

Wilayah ini mencakup seluruh wilayah sepanjang Sungai Mississippi, dari Minnesota hingga Louisiana. Tanah di daerah ini subur dan kaya akan nutrisi, sehingga menyediakan salah satu daerah pertanian terbesar di Amerika Serikat. Produk pertanian utama di daerah ini adalah jagung, kedelai, gandum, dan kacang-kacangan.

4. Lembah Nilen

Lembah Nilen di Mesir terkenal sebagai salah satu daerah pertanian terpadat di dunia. Tanah di daerah ini sangat subur dan kaya akan nutrisi, sehingga sangat cocok untuk menanam beras, kapas, dan sayuran.