RAKYAT.NEWS, EDUKASI – Lapisan bumi terdiri dari beberapa bagian, mulai dari kerak bumi hingga inti bumi yang merupakan lapisan paling dalam. Mengetahui tentang lapisan paling dalam dari bumi ini penting karena hal ini dapat memberikan pemahaman lebih dalam mengenai keadaan bumi kita. Mari kita mengenal lebih jauh tentang lapisan bumi paling dalam dan mengapa ini begitu penting.

Inti bumi terdiri dari dua bagian, yaitu inti bagian dalam dan inti bagian luar. Inti bagian dalam adalah lapisan paling dalam dari bumi dan terdapat pada kedalaman sekitar 5.150 hingga 6.370 km. Inti ini terdiri dari besi dan nikel yang mengalami kondisi fisika yang unik akibat tekanan yang sangat tinggi. Tebal inti bagian dalam diperkirakan mencapai sekitar 1.220 km.

Telah banyak studi yang dilakukan untuk memahami sifat dan kondisi dari inti bumi. Salah satu cara untuk menyelidiki inti bumi ini adalah dengan mempelajari getaran dan gelombang seismik. Seismologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang gelombang yang disebabkan oleh gempa bumi dan aktivitas geologi lainnya. Dengan mempelajari cara gelombang ini bergerak melalui bumi, para ilmuwan dapat mempelajari tentang sifat dan struktur dari inti bumi yang terletak pada kedalaman yang tidak bisa dijangkau manusia.

Inti bumi yang mempunyai suhu mencapai 5000 derajat Celsius memiliki peran penting dalam kehidupan di bumi. Inti bumi ini merupakan sumber energi dalam bentuk panas yang terpancar ke permukaan melalui proses konveksi. Panas yang terpancar ini menghasilkan aktivitas geologi seperti gunung api, gempa bumi, dan lainnya. Oleh karena itu, pengetahuan tentang sifat dan kondisi inti bumi sangat penting untuk mengelola dan memprediksi aktivitas geologi di masa yang akan datang.