Oleh : Isman Triyadi Iksan, SH

Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan ini adalah ungkapan sutan syahrir yang harus mampu menjadi inspirasi bagi pemuda saat ini. Pemuda inspiratif adalah ujung tombak bagi kemajuan sebuah bangsa. Kehadiran pemuda sangat diperlukan karena merupakan suatu komponen penting dalam pembangunan suatu bangsa di masa depan.

Para pemuda merupakan peluang terbaik yang dimiliki bangsa Indonesia untuk bangkit dan menjawab segenap tantangan yang ada di depan.

Hadirnya pemuda saat ini, akan menjadi jawaban beribu tantangan di masa depan. Jika ingin melihat masa depan dari suatu bangsa, maka dapat dilihat dari keadaan pemudanya hari ini.

Inovasi, akselerasi, dan kreatifitas yang terbangun adalah ciri kebebasan berfikir pemuda yang tereksplorasi pada sebuah karya monumental yang akan diukir saat ini, dan akan di nikmati di masa datang.

Faksum berfikir yang independen dan mandiri, adalah ciri khas pemuda yang kritis dan konstruktif yang kita harap bermuara pada adab dan moralitas yang berkualitas.

Tatanan berbangsa saat ini, membutuhkan sentuhan pemikiran para generasi muda, butuh polesan para srikandi dan arjuna bangsa ini.

Tantangan utama generasi muda dalam perkembangan digital adalah untuk tidak hanyut dan menjadi korban dari sisi negatif kemajuan teknologi.

Selain itu, pemuda berperan penting sebagai subjek pembangunan dan menjadi agen perubahan untuk lingkungannya, melalui partisipasi aktif pemuda dalam kegiatan sosial-kemasyarakatan.

Pemuda dapat berkontribusi positif untuk membantu permasalahan di masyarakat sekitar. Saatnya pemuda maju dan bangkit, bersama kita berkarya membangun bangsa. Wassallam. (**)