RAKYAT NEWS, Edukasi – Penting bagi orang tua untuk mengenali gejala HIV AIDS pada anak agar dapat melakukan tindakan yang tepat dalam penanganannya. HIV AIDS adalah penyakit yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh dan dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak.

Berikut adalah beberapa gejala HIV AIDS pada anak yang perlu diperhatikan:

1. Infeksi saluran pernapasan yang berulang

Anak yang terinfeksi virus HIV AIDS cenderung lebih mudah terkena infeksi saluran pernapasan yang berulang, seperti pneumonia dan bronkitis. Hal ini terkait dengan sistem kekebalan tubuh yang melemah dan tidak mampu melawan kuman dan bakteri penyebab infeksi dengan efektif.

2. Infeksi kulit dan mulut yang berulang

Anak-anak yang terinfeksi HIV AIDS juga dapat mengalami infeksi kulit dan mulut yang sering kambuh. Infeksi kulit yang sering terjadi adalah dermatitis seboroik dan eksim, sedangkan infeksi mulut yang sering terjadi adalah sariawan dan infeksi pada gusi.

3. Pertumbuhan dan perkembangan yang lambat

Anak-anak yang terinfeksi HIV AIDS cenderung mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang lebih lambat dibandingkan dengan teman-teman sebayanya. Hal ini terkait dengan masalah nutrisi dan juga sistem kekebalan tubuh yang melemah.

4. Demam yang tidak jelas penyebabnya

Anak yang terinfeksi HIV AIDS juga dapat mengalami demam yang tidak jelas penyebabnya. Demam ini terkadang disertai dengan pusing, sakit kepala, dan berkeringat di malam hari. Hal ini terkait dengan infeksi yang sering terjadi pada anak dengan sistem kekebalan tubuh yang melemah.

5. Diare yang berlangsung lama

Anak-anak yang terinfeksi HIV AIDS dapat mengalami diare yang berlangsung lama dan sulit diatasi. Hal ini terkait dengan masalah nutrisi dan juga infeksi yang sering terjadi pada anak dengan sistem kekebalan tubuh yang melemah.