RAKYAT NEWS, Edukasi – Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dipakai di seluruh dunia. Keterampilan berbahasa Inggris nyaris menjadi kebutuhan utama dalam era globalisasi ini, terbukti dari banyaknya perusahaan dan organisasi internasional yang mensyaratkan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris sebagai syarat bekerja. Maka tidak mengherankan jika kini semakin banyak orang di Indonesia yang mempelajari bahasa Inggris. Di artikel ini, akan dibahas mengenai 4 alasan mengapa penting untuk belajar bahasa Inggris di Indonesia.

1. Memperluas kesempatan kerja

Semakin majunya dunia bisnis, keterampilan berbahasa Inggris semakin penting sebagai syarat peluang karir yang lebih baik. Bahasa Inggris tidak hanya penting dalam perusahaan internasional atau lembaga pendidikan, namun juga dalam bisnis yang lebih lokal. Banyak perusahaan swasta besar dan juga instansi pemerintahan di Indonesia yang mulai memerlukan karyawan yang berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Maka, memiliki keterampilan berbahasa Inggris dapat meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih baik.

2. Menambah wawasan budaya

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, yang digunakan di seluruh dunia. Saat kita mempelajari bahasa Inggris, kita juga mempelajari budaya Inggris dan negara-negara berbahasa Inggris lainnya. Lebih lagi, kita dapat berbicara dengan lebih banyak orang dari berbagai negara. Dalam pengambilan keputusan dalam bisnis atau pendidikan, memahami budaya dan cara berpikir orang dari berbagai belahan dunia menjadi penting. Dengan belajar bahasa Inggris, kita dapat membuka pikiran dan memperluas wawasan budaya kita.

3. Memungkinkan untuk mendapatkan pendidikan di luar negeri

Untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik di dunia, banyak orang Indonesia yang memutuskan untuk belajar di luar negeri. Bahasa Inggris adalah bahasa utama di negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Kanada. Oleh karena itu, untuk mengikuti kuliah atau studi di luar negeri, kita harus memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris yang cukup baik. Bahasa Inggris juga menjadi bahasa pengantar dalam publikasi artikel ilmiah, sehingga keterampilan berbahasa Inggris yang baik juga menjadi penting bagi mahasiswa atau peneliti.

4. Mempersiapkan diri untuk mengeksplorasi dunia

Bagi yang suka melakukan perjalanan, bahasa Inggris adalah bahasa universal yang membantu kita untuk berkomunikasi dengan orang-orang di negara-negara yang berbeda. Keterampilan bahasa Inggris membuka pintu untuk mengeksplorasi dunia dengan cara yang lebih baik. Kita dapat mengunjungi tempat-tempat baru dan memahami budaya dari berbagai belahan dunia tanpa memerlukan pemandu atau alat terjemahan. Bahasa Inggris membantu kita menghilangkan batas-batas antara budaya dan boleh dipandang sebagai alat yang mempersatukan dan memahami lebih banyak kebudayaan.