RAKYAT.NEWS, Jakarta – Kanker adalah penyakit tidak menular ditandai dengan adanya sel atau jaringan abnormal yang bersifat ganas, tumbuh cepat tidak terkendali dan dapat menyebar ke tempat lain dalam tubuh penderita. Dilansir dari Viva.co.id, Jumat, 3 Februari 2023 bahwa data tahun 2020, kanker payudara dan kanker serviks adalah dua jenis kanker yang paling tinggi kasusnya di Indonesia.

Di hari kanker se dunia yang jatuh Sabtu besok, 4 Februari 2023, mari saling mengingatkan. Berikut tips di bawah ini untuk mencegah kanker payudara sedari dini  dengan memeriksa sendiri di rumah seperti dilansir Detikcom, Jumat, 3 Februari 2023.

5 langkah mudah melakukan pemeriksaan kanker payudara di rumah :

1. Duduk atau berdiri menghadap cermin

Dalam posisi demikian, posisikan tangan lurus ke bawah. Perhatikan apakah payudara terlihat tidak simetris, terdapat perbedaan warna seperti kemerahan, iritasi, bengkak, kerutan pada kulit payudara, kulit payudara menyerupai kulit jeruk, atau puting masuk ke arah dalam.

2. Angkat kedua lengan ke atas

Dengan posisi ini, kelainan di payudara bagian bawah bisa terlihat. Perhatikan apakah ada kelainan seperti pada poin sebelumnya.

3. Posisikan tangan di pinggang

Dengan posisi ini, diharapkan otot dada kontraksi sehingga dapat dinilai apakah ada kelainan payudara di bagian dasar payudara. Letakkan kedua tangan di pinggang, kemudian perhatikan apakah ada kelainan pada area payudara.

4. Raba payudara

Kemudian, raba payudara kiri menggunakan tangan kanan dan raba payudara kanan dengan tangan kiri. Caranya, rekatkan jari-jari, lalu raba payudara dengan gerakan melingkar searah jarum jam hingga berakhir di puting. Setelah itu, lakukan penekanan di puting untuk mengetahui apakah ada cairan yang keluar.