RAKYAT.NEWS, Makassar – Universitas Hasanuddin  segera hadirkan pengelolaan sampah TPS 3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce and Recycle – mengurangi, menggunakan dan daur ulang) dan bank sampah di dalam kampus. Ini bukti bahwa dalam hal mengembangkan studi kebijakan mendukung pelaksanaan pencapaian SDGs, mendukung pengembangan berbagai indikator di perguruan tinggi yang kini diawaki Prof Jamaluddin Jompa bukanlah isapan jempol.

Pasalnya, kick Off pengelolaan sampah tersebut baru saja dilakukan secara langsung oleh wakil rektor IV Unhas, Prof Adi Maulana di Experimental Farm Unhas Fakultas Pertanian kampus Unhas Tamalanrea, Rabu, 1 Februari 2023 disusul penandatangan kerja sama dengan Yayasan Peduli Negeri.

Prof Adi dalam kata sambutannya mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan arahan Rektor Unhas agar merealisasikan apa yang menjadi tujuan dari perguruan tinggi. “Apalagi Unhas baru baru ini mendapatkan penghargaan peringkat kedua SDGs di atas satu tingkat dari Universitas Indonesia,” ujar Wakil Rektor IV Unhas ini dalam releasenya yang diterima redaksi, Rabu, 1 Februari 2023.

Prof Adi juga berharap setiap tujuan dari SDGs diharapkan dapat terintegrasi di kegiatan pengajaran di masing-masing bidang ilmu yang ada di kampus Unhas.

Sementara itu, direktur bank sampah dan TPS 3R kampus Unhas Tamalanrea, Irwan Ridwan mengatakan program TPS 3R dan bank sampah ini nantinya akan menjalankan 3 hal antara lain, pengelolaan sampah organik dan an organik melalui bank sampah, pengolahan sampah organik dengan teknologi. Kedua bank sampah dan TPS 3R ini nantinya bisa menjadi tempat penelitian bagi mahasiswa S1, S2 dan S3. Sementara yang ketiga adalah bank sampah ini nantinya bisa menjadi tempat pembelajaran dan rujukan dari semua stakeholder yang ingin belajar tentang pengelolaan sampah yang terintegrasi.