MAKASSAR – Temu Pendidik Nusantara (TPN) 9 di Kota Makassar sukses terselenggara di Sekolah Islam Athirah Kajaolalido , dengan melibatkan 500 peserta luring dan daring, pada Minggu (7/8/2022).

Baca Juga : KIPS Sukses Gelar Proker Sekaligus Perekrutan Angkatan III

Kegiatan ini merupakan konferensi pendidikan yang mempersatukan guru, manajemen sekolah, dan semua pemangku kepentingan dalam ekosistem pendidikan skala nasional dan internasional, untuk mengekspresikan kemerdekaan belajar, mengembangkan kompetensi, menginisiasi kolaborasi dan membangun karier.

Ketua Panitia TPN Pusat, Adelina Anggraini, mengatakan kegiatan tersebut akan dilaksanakan di 50 daerah di seluruh Indonesia, dengan 2.000 pembicara menemani belajar 30.000 guru dan pemimpin pendidikan dari 154 daerah di 20 Negara

“Melalui modul-modul program Temu Pendidik Nusantara 9 di aplikasi (sekolah.mu) kami berharap merdeka belajar akan hadir di ruang-ruang kelas dan memberi dampak luas bagi pendidikan anak bangsa Indonesia menjadi lebih aplikatif, lebih beragam, dan lebih Berdampak, sehingga bermanfaat pada murid untuk perubahan pendidikan Indonesia,” ujarnya.

Ketua Umum Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN), Usman Djabbar, dalam sambutannya menyampaikan bahwa merdeka belajar yang dilakukan d ruang kelas akan menjawab kegelisahan loss generation yang selama ini dikhawatirkan.

“Sekarang ini tugas sekolah adalah memberikan kesempatan kepada siswa-siswi nya untuk bisa turut mengambil peran dalam eksosistemnya masing-masing, bukan hanya sekedar bagaimana menghafal,” tambahnya.

Dukungan juga diberikan Harisman, selaku Kabag Umum Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) dengan langsung meminta diagendakannya pertemuan dengan ketua panitia TPN 9 pusat dan ketua komunitas pengawas belajar nusantara (KPBN) sehingga bisa bergerak bersama untuk mengimbaskan merdeka belajar ke semua pihak yang ada dalam jaringan BBGP.

Selain itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa dan Kepala Dinas Pendidikan Sulsel juga turut memberikan dukungannya kepada yayasan guru belajar.