MAROS – Mahasiswa KKNT UNHAS PUPR Maros dan KKNT UNHAS Desa Wisata menggelar penyuluhan, yang dilaksanakan di Kantor Desa Majannang, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, dan diikuti oleh seluruh perangkat Desa Majannang serta anggota Karang Taruna, pada Kamis (4/7/2022).

Baca Juga : Penerimaan Mahasiswa Baru Kalla Institute 2022 Segera Ditutup

Penyuluhan ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu penyuluhan website, media sosial, dan infografis.

Salah satu mahasiswa KKNT UNHAS PUPR Maros, Novrinda, menjelaskan pentingnya penggunaan website bagi pemerintah desa, khususnya dalam memperkenalkan desa sebagai desa wisata kepada masyarakat luas.

“Kami sebelumnya telah membuat website yang sudah dapat diakses dan dapat dilanjutkan pengembangannya oleh perangkat desa maupun karang taruna,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, mahasiswa KKNT UNHAS Desa Wisata Maros, Mega Salsabila juga menyampaikan penyuluhan mengenai pengelolaan media sosial. Salsa mengungkapkan bahwa ada tiga hal yang perlu dihindari dalam mengelola media sosial, seperti asal membagikan konten, membuat post sepanjang waktu, dan membagikan konten yang mengandung pro kontra.

“Dalam membuat konten di media sosial, ada rekomendasi waktu yang dapat dijadikan patokan. Seperti instagram pada hari kamis dan minggu,” ujarnya.

Penyuluhan juga dilanjutkan oleh KKNT UNHAS PUPR Maros, Muhammad Syamsul mahasiswa mengenai infografis.

Ia mengatakan bahwa data-data kependudukan sekarang tidak hanya ditulis dalam bentuk tabel, namun akan lebih menarik jika dibuat dalam bentuk gambar dan grafik sehingga masyarakat lebih tertarik dan mudah untuk membacanya.

Koordinator KKNT UNHAS Desa Wisata di Desa Majannang, Sahdan, menyampaikan harapannya kepada perangkat desa dan karang taruna setempat untuk melanjutkan pengembangan website, media sosial, dan infografis yang telah dibuat oleh mahasiswa KKN.

Di akhir penyuluhan, Ketua Karang Taruna Desa Majannang Rahman, juga memberikan respon agar nantinya perangkat desa dan karang taruna dapat konsisten untuk melanjutkan pengembangan ini.