MAKASSAR – Pada kamis (4/8), mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani Kelas A Angkatan 2019 FKIP Universitas Megarezky mengadakan Sosialisasi dengan tema ‘Pengaruh Stress Oksidatif Terhadap Obesitas Usia Remaja’. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Balang Tanaya, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar.

Baca Juga : Amran Sulaiman Beri Beasiswa Bagi Mahasiswa Penghafal Quran 30 Juz

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa unsur dan perangkat desa diantaranya; Pejabat Desa, Ketua BPD Desa Balang Tanaya, Tokoh Masyarakat, Pemuka Agama, Tokoh Pendidik, Karang Taruna serta warga desa setempat.

 

Kegiatan ini merupakan Tugas Final Mata Kuliah Psikologi Penjas&Olahraga yang di hadiri langsung oleh Dosen Pengampuh, Wahyu Munandar, M.Or. Tema ini sengaja diangkat untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa stress oksidatif dapat dihindari dengan memperbaiki pola hidup sehat yaitu pola makan, pola istirahat dan pola berolahraga sehingga penyakit-penyakit degeneratif dapat dicegah.

 

Hal tersebut ditegaskan oleh Wahyu dalam closing statement-nya bahwa obesitas terjadi karena ketidaksesuaian Indeks Massa Tubuh (IMT) dan juga dipengaruhi oleh konsumsi makanan-makanan Junk Food/instant ditambah dengan beban pikiran karena banyaknya tugas sekolah sehingga banyak remaja-remaja kita saat ini telah positif menderita obesitas yaitu kegemukan berlebih karena ketidaksesuaian usia, tinggi badan dan berat badan.

 

Saat ini remaja kita sedang dimanjakan dengan banyaknya tontonan-tontonan di TV dan Youtube serta medsos yang membuat mereka banyak menghabiskan waktu sehingga berpotensi terserang penyakit  hipokinetik yaitu penyakit yang disebabkan karena kurang bergerak. Hal inilah yang melatarbelakangi sehingga implementasi dari tugas final mata kuliah Psikologi Penjas&Olahraga ingin langsung berinteraksi dengan masyarakat melalui sosialisasi agar tujuan dari materi dapat langsung tersampaikan sehingga dapat merubah mainset masyarakat untuk lebih memperhatikan pola hidup sehat.