RAKYAT.NEWS, Makassar – Perayaan tahun baru imlek selalu identik dengan shio yang berbeda tiap tahunnya. Untuk tahun ke 2574 ini dilambangkan dengan Kelinci Air. “Kelinci kan lembut, air kan selalu juga mencari tempat yang rendah yang berarti lembut dan rendah hati,” ujar Pemilik kedai kopi Nam Jong, Muhammad David Aritanto kepada Rakyat.News, Minggu, 29 Januari 2023.

Muhammad David adalah salah satu seniman dan budayawan Tionghoa di Makassar. Ia bercerita, dalam kehidupan ada Yin dan Yang sebagai simbol keseimbangan yang didalamnya ada bintang lima dan menandakan 5 unsur yakni kayu, air, tanah, logam, api ini saling mengimbangi.

Menurut David, perayaan Imlek selalu diakhiri dengan perayaan Cap Go Meh atau hari lima belas pascaimlek yang akan diisi dengan hiburan untuk masyarakat umum. “Sebenarnya itu Cap Go Meh banyak yang bilang waktu ketemu jodoh sebenarnya bukan tapi itu hari kasih sayang antara anak dengan orang tua,” ucapnya.

Dilansir dari CNBC Indonesia, menurut penanggalan kalender China, tahun Kelinci Air, dimulai pada 22 Januari dan berakhir pada 9 Februari 2024, ketika kita memasuki Tahun Naga. Dalam Astrologi Tiongkok, Kelinci melambangkan kesabaran dan keberuntungan, yang berarti bahwa Tahun Kelinci 2023 akan membawa kedamaian dan kesuksesan.

Tahun Kelinci juga dipercaya menjadi tahun yang sangat beruntung bagi sebagian besar orang. Semua tanda shio diprediksi akan sukses dalam cinta, dan kebanyakan dari mereka diramal berhasil naik ke level berikutnya dalam hal karier. Aspek kesehatan juga diprediksi dalam kondisi baik, karena tidak ada masalah serius yang akan muncul di jalur tanda zodiak mana pun.

Penulis: M Aswar