MAKASSAR – Benua yang terletak pada 37ºLU-34ºLS dan 17ºBB-51ºBT tersebut memiliki sejumlah fakta menarik dibaliknya, mulai dari jumlah penduduk hingga etnis dan pemandangan alamnya.

Berikut fakta unik Benua Afrika.

1. Benua hitam

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Afrika disebut sebagai benua hitam karena mayoritas penduduk di wilayah tersebut yakni keturunan negro berkulit hitam.

2. presentase penduduk tinggi

Benua Afrika memiliki jumlah penduduk sebanyak 1,216 miliar jiwa pada 2016 lalu. Hal itu disebabkan oleh angka kelahiran yang lebih besar dibanding angka jumlah kematian dan juga disebabkan oleh kurangnya penduduk Afrika yang melakukan migrasi. Maka dari itu, kedua hal tersebut menjadi point utama melonjaknya jumlah penduduk pada Benua Afrika.

3. Salah satu benua terluas

Dilansir dari laman Wikipedia, Benua Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia dan kedua terbanyak penduduknya setelah Asia dengan luas wilayah 30.224.050 Kilometer Persegi termasuk pulau-pulau yang berdekatan, Afrika meliputi 20,3 persen dari seluruh total daratan di bumi.

4. Memiliki empat wilayah iklim

Benua Afrika memiliki empat wilayah iklim, mulai dari Iklim sedang atau subtropis Meliputi daerah pantai tenggara Afrika Selatan, wilayah selatan, serta garis balik selatan. Lalu Iklim tropis yang meliputi wilayah pantai Afrika barat, Kenya, Uganda, dan bagian pantai di wilayah timur Afrika. Dan iklim gurun Ada di wilayah Afrika bagian utara dan sebagian barat daya Benua Afrika. Adapun Iklim mediterania yang terdapat di wilayah paling utara Afrika, tepatnya di sekitar Laut Tengah.

5. Daerah gersang dan memiliki banyak gurun pasir

Benua Afrika terkenal sebagai wilayah yang gersang, hal tersebut dikarenakan banyaknya gurun pasir, sehingga banyak tumbuhan yang tidak dapat hidup di kawasan Benua Afrika. Selain itu, benua ini juga memiliki gurun terluas di dunia bernama Gurun Sahara dengan luas sekitar 9,2 juta kilometer persegi.